Jumat, 07 November 2008

OBJECT ORIENTED PROGRAMMING

OOP ( Object Oriented Programming ) adalah suatu bentuk/model pemrograman yang berorientasi pada object. Pada dasarnya semua benda yang ada didunia ini dapat dikatakan sebuah object. Rumah, mobil, motor, meja, komputer, merupakan contoh object yang nyata. Object-object tersebut dapat berdiri sendiri (independen) dan dapat juga antar object-object tersebut saling berinteraksi. Bahasa-bahasa baru generasi sekarang pada umumnya sudah memiliki kemampuan berorientasi object.

Dalam Object Oriented Programming ada beberapa istilah penting, seperti Object, Class, Encapsulation, Inheritance, dan Polimorfisme.

Object merupakan sesuatu yang memiliki identitas (nama), pada umumnya juga memiliki data tentang dirinya maupun object lain dan mempunyai kemampuan untuk melakukan sesuatu dan bisa bekerja sama dengan objek lainnya. Setiap object memiliki dua karakteristik yang utama yaitu, atribut dan behavior. Atribut merupakan status object dan behavior merupakan tingkah laku dari object tersebut. Contoh sederhana adalah sepeda. Object sepeda memiliki atribut : pedal, roda, dan gigi. Tingkah laku (behavior) yang dimiliki sepeda diantaranya adalah pacu dan rem.

Class adalah semacam cetakan untuk membuat object. Misalnya sebuah rancangan mobil yang digunakan untuk membuat ratusan mobil. Mobil yang dibuat tersebut adalah object dari kelas rancangan mobil. Hal ini dapat dilakukan karena semua object mobil yang dibuat memiliki karakteristik yang sama

Encapsulation adalah pembungkusan antara data dan prosedur ataupun fungsi (method) yang memanipulasinya ke dalam sebuah object pada bagian yang terlindungi sehingga data-datanya tidak mudah diakses langsung dari luar. Manfaat dari enkapsulation ialah kode sumber dari sebuah object dapat dikelola secara independen dari kode object yang lain. Selain itu, dengan enkapsulasi kita bisa menyembunyikan informasi-informasi yang tidak perlu diketahui oleh object lain.

Inheritance adalah pewarisan atribut atau method pada sebuah class yang diperoleh dari sebuah class yang terdefinisi sebelumnya. Sebagai contoh, class mobil sedan mewarisi atribut dari class mobil sehingga class mobil sedan juga memiliki atribut-atribut seperti roda, gigi, dan kecepatan.

Polimorfisme adalah suatu sifat yang memungkinkan nama method yang sama dapat melakukan tindakan yang berbeda. Contohnya ialah method pacu yang terdapat pada sepeda motor dan sepeda. Ingat bahwa motor adalah kelas turunan dari sepeda. Method pacu pada kedua kelas sama-sama untuk menambah kecepatan. Namun pacu pada motor berbeda dengan pacu pada sepeda. Pacu pada motor ialah mengurangi (membakar) bahan bakar, sedangkan pacu pada sepeda ialah mengurangi stamina pengendara. Keduanya menggunakan nama yang sama, pacu, namun ternyata merujuk pada pekerjaan spesifik yang berbeda.

Bahasa pemrograman yang mendukung OOP antara lain:

  1. Java
  2. C++
  3. Pascal (bahasa pemrograman)
  4. Visual Basic.NET
  5. SIMULA
  6. Smalltalk
  7. Ruby
  8. Python
  9. PHP
  10. C#
  11. Delphi
  12. Eiffel
  13. Perl

Untuk bahasa pemrograman Java dapat didownload dari: http://java.sun.com/javase/downloads/

Untuk Instalasi Java dapat dilakukan dengan mengklik:

Þ jdk-6u6-windows-ii586-p.exe

Þ Klik Start, Control Panel, System ,Advanced, Environment Variables

Þ Set path C:\Program Files Files\Java Java\jdk1.6.0_ 06 06\bin

Þ Instal text editor untuk editing code: textpad, notepad++, JCreator

Berikut contoh source code pemrograman OOP dengan menggunakan Java. Buatlah Folder Latihan di drive C untuk menyimpan program yang akan kita buat. Ketiklah source code berikut ini dengan menggunakan aplikasi NotePad.

class Mobil

{

String warna;

int tahunProduksi;

void printMobil()

{

System.out.println("Warna : " + warna);

System.out.println("Tahun : " + tahunProduksi);

}

}

public class MobilBeraksi

{

public static void main(String[] args)

{

// Membuat object

Mobil mobilku = new Mobil();

/* memanggil atribut dan memberi nilai */

mobilku.warna = "Hitam";

mobilku.tahunProduksi = 2006;

mobilku.printMobil();

}

}

Simpan file tersebut pada Folder Latihan dengan menggunakan nama file : MobilBeraksi.java

Untuk menjalankan program tersebut pertama kita masuk command prompt, setelah muncul prompt C:> ketiklah perintah berikut :

Berikutnya kita tambahkan lagi atributnya, seperti berikut :

class Mobil2

{

String warna, merek, bbm;

int tahunProduksi;

void printMobil()

{

System.out.println("Warna : " + warna);

System.out.println("merek : " + merek);

System.out.println("bbm : " + bbm);

System.out.println("Tahun : " + tahunProduksi);

}

}

public class MobilBeraksi2

{

public static void main(String[] args)

{

// Membuat object

Mobil2 mobilku = new Mobil2();

/* memanggil atribut dan memberi nilai */

mobilku.warna = "Hitam";

mobilku.merek = "Toyota";

mobilku.bbm = "Premium";

mobilku.tahunProduksi = 2006;

mobilku.printMobil();

}

}

Simpan file tersebut pada folder latihan dengan nama : MobilBeraksi2.java, kemudian ikuti perintah berikut :

Berikut kita kembangkan lagi dengan menambahkan beberapa method.

class Mobil3

{

String warna, merek, bbm;

String hidupkanMobil,matikanMobil, ubahGigi;

int tahunProduksi;

void printMobil()

{

System.out.println("Warna : " + warna);

System.out.println("merek : " + merek);

System.out.println("bbm : " + bbm);

System.out.println("Tahun : " + tahunProduksi);

System.out.println("Hidup : " + hidupkanMobil);

System.out.println("Mati : " + matikanMobil);

System.out.println("Gigi : " + ubahGigi);

}

}

public class MobilBeraksi3

{

public static void main(String[] args)

{

// Membuat object

Mobil3 mobilku = new Mobil3();

/* memanggil atribut dan memberi nilai */

mobilku.warna = "Hitam";

mobilku.merek = "Toyota";

mobilku.bbm = "Premium";

mobilku.tahunProduksi = 2006;

mobilku.hidupkanMobil = "Ngeeeng";

mobilku.matikanMobil = "Klik";

mobilku.ubahGigi = "Gleg";

mobilku.printMobil();

}

}

Berikut contoh program matematika.

class Matematika

{

int pertambahan=0;

int pengurangan=0;

int perkalian=0;

int pembagian=0;

// method

void hitungPertambahan(int a, int b)

{

pertambahan= a + b;

System.out.println ( " Pertambahan : " + pertambahan);

}

void hitungPengurangan(int a, int b)

{

pengurangan= a - b;

System.out.println ( " Pengurangan : " + pengurangan);

}

void hitungPerkalian(int a, int b)

{

perkalian= a * b;

System.out.println ( " Perkalian : " + perkalian);

}

void hitungPembagian(int a, int b)

{

pembagian= a / b;

System.out.println ( " Pembagian : " + pembagian);

}

}

public class MatematikaBeraksi

{

public static void main(String[] args)

{

// Membuat object

Matematika matematikaku=new Matematika();

// memanggil atribut dan memberi nilai

matematikaku.hitungPertambahan(20,20);

matematikaku.hitungPengurangan(20,10);

matematikaku.hitungPerkalian(20,20);

matematikaku.hitungPembagian(20,20);

}

}

Simpan dengan nama file : MatematikaBeraksi. Ketik perintah berikut :

Tidak ada komentar: